Mengajarkan Disiplin pada Balita

Mengajarkan sikap disiplin pada anak merupakan hal yang perlu dilakukan. Memang mengajarkan hal ini tidaklah mudah, apalagi mengajarkannya pada anak usia balita. Lalu bagaimanakah caranya, agar buah hati Anda dapat memiliki kepribadian disiplin sejak kecil? Di bawah ini terdapat beberapa tips yang dapat Anda coba.

  • Ketika buah hati Anda masih dalam usia bayi, mereka akan memiliki rasa penasaran yang besar terhadap hal-hal yang ada disekitarnya.

Jika buah hati Anda sedang mendekati sebuah objek yang berbahaya baginya (tanpa ia sadari), maka yang dapat Anda lakukan adalah dengan lembut mengatakan ‘jangan’ dan mengangkatnya atau menjauhkannya dari objek berbahaya tersebut.Kemudian Anda dapat mengalihkan perhatiannya dengan kegiatan lain atau objek lain kepadanya.

Yang unik dari mengajarkan sikap kedisiplinan, adalah Anda sebagai orang tua dapat mengajarkan dan membiasakannya sejak dini. Hal tersebut tidak harus sesuatu yang sifatnya sangat keras, namun dapat dimulai dengan hal-hal yang kecil.

Misalnya dengan Anda berlaku dan memberi contoh yang baik. Sebab pada usia ini, anak-anak cenderung berperilaku mengikuti perilaku orang tuanya (role model).

  • Selanjutnya bagi Anda yang memiliki buah hati berusia 3-5 tahun, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini. Pada usia ini, merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk mengkomunikasikan tentang peraturan-peraturan di rumah.

Pengenalan terhadap ‘hukuman’ atas perilaku-perilaku yang tidak boleh dilakukan juga dapat diterapkan pada usia ini. Kunci dari menanamkan sikap kedisiplinan pada anak adalah bagaimana orang tua mampu bersikap konsisten terhadap hal-hal yang mereka ajarkan.

Karena itu, jika buah hati Anda melakukan kesalahan, apa lagi sudah berulang-ulang terjadi, Anda tidak perlu ragu untuk memberikan ‘hukuman’ kepadanya. Harus diingat, ‘hukuman’ tersebut hendaknya sudah disosialisasikan kepada buah hati Anda sebelumnya, misalnya disaat pertama kali mereka melakukan kesalahan.

Selanjutnya, ketika mereka melakukan hal yang baik, Anda juga tidak perlu ragu memberikan ‘hadiah’ sebagai tanda penghargaan kepadanya. Dengan begitu ia mengetahui dengan jelas hal-hal mana yang sebaiknya ia lakukan.

You can leave a response, or trackback from your own site.

3 Responses to “Mengajarkan Disiplin pada Balita”

  1. [...] hal itu akan berpengaruh dalam kehidupan anak di masa depannya kelak. Ada beberapa kesalahan dalam mendidik anak yang kadang tidak disadari oleh para orang [...]

  2. [...] dari itu, didalam artikel ini saya akan membahas beberapa tips yang bisa orangtua lakukan untuk mengajak bayi untuk mau pipis [...]

  3. [...] Hukuman untuk anak sebaiknya tidak membuat anak menjadi terpuruk. Karena mereka kan masih kecil jadi sebesar apapun kesalahan mereka kita sebagai orang tua harus meminimalkan dan menyederhanakan hukuman untuk mereka. Kita juga ikut bertanggung jawab dengan kesalahan yang mereka perbuat. Karena mungkin kurangnya didikan kita sehingga anak kita melakukan kesalahan. [...]

Leave a Reply